Home » » 5 Negara Termiskin di Asia (BENUA ASIA)

5 Negara Termiskin di Asia (BENUA ASIA)


5 Negara Termiskin di Asia (BENUA ASIA)
so sad

5. Bangladesh 
Bangladesh adalah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India di barat, utara dan timur, Myanmar di tenggara dan Teluk Benggala di Bangladesh selatan. Ibukota dan kota terbesar Bangladesh adalah Dhaka. Bangladesh memiliki populasi terbesar kedelapan di dunia dan merupakan salah satu negara terpadat di dunia dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Mayoritas orang Bangladesh bekerja sebagai petani. Hampir dua pertiga penduduk Bangladesh bekerja di sektor pertanian dengan tanaman berlimpah, yaitu beras, teh, dan sawi. Tetapi lebih dari tiga perempat dari pendapatan ekspor Bangladesh berasal dari industri garmen. Bangladesh hanya memiliki PDB per kapita nominal $ 1.492 yang juga menempatkan negara itu peringkat nomor 10 di negara-negara termiskin di Asia.

4. Kamboja 

Kamboja adalah negara dalam bentuk monarki konstitusional di Asia Tenggara yang memiliki ibukotanya di Phnom Penh. Kamboja berbatasan dengan Thailand di barat, Laos di utara, Vietnam di timur dan Teluk Thailand di selatan. Kamboja telah mengalami penurunan ekonomi yang signifikan. Tetapi sejak 1990-an, Kamboja mulai bangkit dari keterpurukan dan menunjukkan kemajuan ekonomi yang baik. Dan sejak saat itu pendapatan per kapita negara telah meningkat secara dramatis, tetapi peningkatannya masih relatif rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan ASEAN. Sehingga meskipun PDB mulai tumbuh, tingkat kemiskinan masih tinggi. Ekonomi utama masyarakat Kamboja sebagian besar dari sektor Pertanian. Namun selain itu pariwisata dan tekstil juga menjadi andalan bagi perekonomian di Kamboja. PDB per kapita nominal negara itu tercatat $ 1.382 dan menempatkan negara itu sebagai negara termiskin ke-9 di Asia.


3. Myanmar 
Myanmar adalah negara berdaulat yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Ibu kota Myanmar adalah Naypyidaw. Myanmar berbatasan dengan India dan Bangladesh di barat, Thailand dan Laos di timur dan Cina di utara dan timur laut. Mayoritas penduduk Myanmar bekerja di sektor pertanian dan perkebunan. Kebijakan ekonomi pasar terbuka telah membanjiri investasi asing dalam minyak dan gas (oleh perusahaan-perusahaan Barat), dan di sektor kehutanan, pariwisata dan pertambangan (oleh perusahaan-perusahaan Asia). Myanmar tidak memiliki stabilitas moneter atau fiskal, sebagai akibat dari ketidakseimbangan kondisi ekonomi makro termasuk inflasi, nilai tukar resmi berfluktuasi tidak sesuai dengan nilai kyat Myanmar, dan suku bunga tidak jelas. Iklim investasi yang buruk juga memperlambat aliran nilai tukar mata uang asing. Sektor yang paling produktif hanya di industri ekstraktif, terutama minyak dan gas, pertambangan dan kayu mentah. Kondisi ini membuat Myanmar menjadi negara termiskin kedelapan di Asia, dengan PDB nominal per kapita hanya $ 1.257.

2. Yaman 
Yaman adalah sebuah negara yang terletak di Semenanjung Arab di wilayah Asia Barat Daya dan memiliki ibukotanya di Sana'a. Yaman berbatasan dengan Laut Arab di selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di barat, Oman di timur dan Arab Saudi di utara. Sekarang Yaman dilanda perang saudara antara pemerintah berbasis Sunni dan pasukan Houthi yang berbasis Syiah. Sebagai akibat dari perang ini, nilai tukar mata uang Yaman, riyal, turun tajam sebesar 50% dibandingkan dengan dolar. Menurut PBB, perang di Yaman mengakibatkan krisis kemanusiaan yang parah dan membutuhkan penanganan segera. Saat ini Yaman adalah negara Arab termiskin dengan PDB per kapita nominal hanya $990.

1. Nepal 
Nepal adalah negara yang terkurung daratan di Asia Selatan. Ibu kota Nepal adalah Kathmandu. Negara ini terletak di Himalaya, dan berbatasan dengan Cina (Daerah Otonomi Tibet) di utara, dan India di barat, timur, dan selatan. Perkembangan ekonomi di Nepal dipersulit oleh pengaruh situasi politik yang berubah dari masa kerajaan ke rezim partai komunis saat ini. Sebagai kelompok masyarakat agraris yang terisolasi selama pertengahan abad ke-20, Nepal pada tahun 1951 tidak memiliki sekolah, rumah sakit, infrastruktur jalan, jaringan telekomunikasi dan listrik, industri, dan layanan sipil. Meskipun kemudian membuat kemajuan yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup dibandingkan sebelumnya. Sumber ekonomi utama negara itu berasal dari sektor pertanian. Beras dan gandum adalah tanaman utama bagi rakyat Nepal. Negara ini menempati urutan kelima sebagai negara termiskin di Asia dengan nominal PDB per kapita hanya $ 849.

Mungkin cukup sekian artikel tentang 5 Negara Termiskin di Asia (BENUA ASIA) terima kasih.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar